Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan industri kertas di Indonesia diperkirakan akan terus berada dalam tren positif dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh pertumbuhan masyarakat kelas menengah (middle class).

Direktur PT Cakrawala Mega Indah (CMI) Lina Lim mengatakan, 2015 merupakan tahun penuh tantangan bagi seluruh sektor industri di Indonesia. Salah satu anak usaha dari Sinar Mas Grup ini menutup tahun 2015 dengan pertumbuhan sekitar 7 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Bagi CMI dari seluruh kategori, pertumbuhan bisnis untuk industri kertas melampaui pertumbuhan dari kategori lainnya dengan pertumbuhan yang signifikan di atas 30 persen," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menurut dia, potensi usaha berbasis kertas di Indonesia juga akan terus meningkat. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan middle class di Indonesia dimana daya beli mereka akan memicu pertumbuhan di berbagai sektor, termasuk industri kertas.

"Sebagai contoh, pertumbuhan industri makanan akan memicu kebutuhan akan perlunya wadah kemasan makan yang foodgrade. Ini hanya salah satu contoh dari kebutuhan yang akan timbul di masa mendatang," kata dia.

CMI merupakan perusahaan yang memasarkan berbagai produk dari Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas untuk kebutuhan pasar Indonesia, baik untuk kebutuhan usaha (B2B) seperti produk fine paper, industrial white and brown serta specialties dan juga untuk kebutuhan konsumen dengan berbagai brand yang merupakan brand leader untuk masing-masing kategori.

Untuk kategori kertas photocopy, APP memiliki berbagai brand seperti Sinar Dunia, Bola Dunia, Mirage, Paperline Gold, Office Print. Sedangkan untuk kategori buku tulis, SIDU adalah brand pemimpin di pasar buku tulis.

Berdasarkan survei Nielsen yang dilakukan untuk mengukur brand health produk-produk APP, brand SIDU merupakan merek dengan awareness yang sangat tinggi (98 persen) serta brand equity yang sangat tinggi di kategori buku tulis dan jauh berada di atas merek lainnya.

Sedangkan untuk kertas photocopy, brand Sinar Dunia dan Bola Dunia juga merupakan merek dengan awareness yang tinggi di kategori photocopy