Industri pulp dan kertas tahun ini sangat mengharapkan pemerintah untuk memberikan jaminan ketersediaan bahan baku. Keputusan tersebut diharapkan dapat menambah pertumbuhan industri pulp dan kertas di Indonesia.

Pertumbuhan tersebut sangat penting berkaitan dengan lapangan kerja baru bagi tenaga kerja yang belum bisa diserap. Tenaga kerja yang ada merupakan sumber daya negeri ini dan telah dipersiapkan sebelumnya. Sehingga pengadaan tenaga kerja yang merupakan bagian dari perwujudan kebijaksanaan perencanaan ketenagakerjaan nasional harus mendorong pemerataan kesempatan kerja dengan memperhatikan potensi angkatan kerja tersebut.

Bahan baku untuk industri pulp dan kertas Indonesia yang dapat tumbuh lebih cepat daripada bahan baku pulp dan kertas di negara-negara empat musim memberikan peluang bagi industri pulp dan kertas di Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara tersebut. Tentu saja hal tersebut membutuhkan keputusan pemerintah berkaitan dengan ketersediaan bahan baku.

Tahun 2016 produksi pulp dan kertas di Indonesia akan meningkat setelah pabrik baru di Ogan Komering Ilir, Palembang selesai dibangun dan berproduksi. Pembangunan industri diarahkan untuk menuju kemandirian perekonomian nasional, meningkatkan kemampuan bersaing, dan menaikkan pangsa pasar dalam negeri dan pasar luar negeri dengan selalu memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup.

(Dari berbagai