economy.okezone.com-JAKARTA - PT Cakrawala Mega Indah (CMI) yang merupakan unit bisnis Asia Pulp and Paper (APP) menargetkan kenaikan 50 persen untuk produksi kertas khusus untuk kerajinan, yang dikenal dengan nama kokoru atau color corrugated paper pada 2016. Pada 2015, produksi kokoru sekira 200 ton dan dialokasikan untuk pasar domestik dan luar negeri.

“Sejak pertama diluncurkan, pangsa pasar kokoru terus berkembang. Bahkan pada tahun 2014 ke 2015 melonjak hingga 50 persen, dan diharapkan tahun 2016 terjadi peningkatan yang sama,” kata Direktur PT Cakrawala Mega Indah (CMI) Lina Lim di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Berbentuk kertas bergelombang warna-warni, Kokoru dapat digunakan untuk membuat objek tiga dimensi dan dua dimensi dengan cara menggunting dan menggulung (teknik quilling). Quilling atau paper filigree adalah bentuk seni kerajinan menggunakan kertas dengan cara menggulungnya, dibentuk dan di lem bersama-sama untuk menciptakan berbagai kreasi design.

Dia menjelaskan, kokoru di produksi oleh pabrik APP Sinar Mas, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, dengan menggunakan dua lembar kertas berwarna yang salah satunya dibuat bergelombang melalui proses produksi, kemudian direkatkan bersama lalu dipotong menjadi ukuran A4, dan ada yang dipotong memanjang.

"Target utama kokoru adalah anak-anak usia Taman Kanak - Kanak dan Sekolah Dasar, walaupun tidak menutup kemungkinan produk ini menyasar pula konsumen yang lebih dewasa," ungkap