Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian meminta Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) melakukan sinkronisasi peta jalan atau roadmap mulai dari hutan hingga ke industri pengguna hasil hutan, salah satunya pulp dan kertas.

"Sasaran utamanya adalah menyelesaikan hal-hal yang perlu diselesaikan di industri, termasuk mengintegrasikan antara sektor hulu dan hilir industrinya," kata Dirjen Industri Agro Kemenperin Panggah Susanto di Jakarta, Kamis.

Panggah menyampaikan hal tersebut usai mendampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menerima kedua asosiasi di Gedung Kemenperin.

Panggah mengatakan, peta jalan tersebut perlu mencakup target-target jangka menengah, isu lingkungan, hingga kondisi ketersediaan bahan baku dan energi untuk mendukung industri pulp dan kertas di dalam negeri.

Menurut Panggah, APKI dan APHI saat ini memiliki peta jalan masing-masing, sehingga perlu duduk bersama untuk menyatukan taget yang ingin dicapai.

"Roadmap ini nantinya akan menyelesaikan banyak hal. Termasuk perencanaan dan target-target ke depan itu mau dicapai seperti apa. Dan pemerintah akan mendukung apa. Kalau tidak ada ya kita tidak bisa mengikuti," ungkap Panggah.

Panggah berharap, peta jalan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu satu hingga dua bulan dari sekarang agar dapat lebib cepat ditindak lanjuti.

Editor: Aditia