industri.kontan.co.id, JAKARTA. Grup Sinarmas tidak kehabisan akal ketika industri kertas tulis sedang lesu. Perusahaan ini beralih melirik bisnis tisu yang dianggap cukup prospektif untuk digenjot guna menyokong kinerja perusahaan.

Lewat pabrik PT OKI Pulp and Paper di Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan milik Asia Pulp and Paper (APP) yang merupakan holding PT Tjiwi Kimia Tbk dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk pabrik ini akan memproduksi kertas tisu.

Pabrik senilai Rp 40 triliun itu berkapasitas produksi pulp 2,8 juta ton per tahun dan ditargetkan tahun depan bisa produksi 2 juta ton per tahun. Rencananya sebanyak 500.000 ton kapasitas pabrik akan dialokasikan untuk produksi kertas tisu.

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata mengatakan, saat ini pihaknya mengejar penyelesaian proses finalisasi pabrik pulp. Sebab pulp itu merupakan bahan baku kertas tisu yang nantinya akan diproduksi. "Bahan baku pulp kita ambil dari mitra sekitar pabrik," kata Suhendra saat dihubungi KONTAN, Senin (3/7).

Suhendra yang juga Direktur PT Indah Kiat mengatakan, bila sudah jadi pabrik ini akan berorientasi