Kontan.co.id - JAKARTA. Diversifikasi produk adalah strategi mendasar pelaku usaha untuk mengalap pendapatan. PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk juga menerapkan strategi itu dengan memproduksi aneka kertas agar tak melulu mengandalkan kertas untuk kebutuhan sekolah maupun kantor.

Paling tidak, saat ini Indah Kiat sedang getol mengembangkan dua produk kertas khusus. Pertama, produk untuk mencetak Quran atau mereka menyebut dengan istilah kertas Quran Paper (QPP).

Seperti namanya, QPP adalah kertas untuk kebutuhan mencetak kitab suci Al Quran. "QPP ini salah satu produk premium dari Indah Kiat," ujar Suhendra Wiriadinata, Direktur PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk saat ditemui KONTAN di kantor pusat Sinar Mas Land, Selasa (15/3)

Saat ini, 90% pasar QPP Indah Kiat adalah negara-negara di kawasan Timur Tengah. Sebut saja Arab Saudi dan Turki. Pasar produk QPP tersebut menuntut proses pembuatan yang halal. Mulai dari pemilihan bahan baku yang dipakai, proses produksi hingga penyimpanannya.

Hanya saja, manajemen Indah Kiat tak mau membeberkan realisasi maupun target nilai penjualan QPP tersebut. Bagian dari Grup Sinarmas tersebut cuma menyuguhkan data penjualan 10.000 - 12.000 ton QPP per tahun. Produksi QPP berlangsung di pabrik Tangerang, Banten.

Kedua, produk color corrugated paper alias produk kertas bergelombang aneka warna. Produk ini lebih dikenal sebagai kertas origami di Jepang. Sementara Indah Kiat menamai produk mereka dengan merek Kokoru.

Indah Kiat menyebut, Kokoru adalah produk spesial. "Kokoru ini kami kembangkan supaya memacu kreativitas anak," jelas Suhendra.

Proses produksi Kokoru ini juga berlangsung di pabrik Tangerang. Namun, target pemasarannya berbeda. Alih-alih mengekspor, Indah Kiat memilih fokus untuk memasarkan produk tersebut ke pasar domestik.

Indah Kiat menyatakan realisasi penjualan Kokoru cukup menggembirakan. Namun, perusahaan berkode TKIM di Bursa Efek Indonesia itu juga masih menyimpan nilai realisasi maupun target penjualan produk kertas Kokoru ini.

Mengintip situs resmi Indah Kiat, perusahaan itu memiliki delapan merek kertas. Selain Kokoru, ada pula Spectra Color, Sinar Spectra, Paperline, Sinar Tech, Sonar Color, Texper dan Stickiii. Nah, Sinar Tech adalah merek kertas yang mereka gunakan untuk kebutuhan kertas Al Quran.

Pabrik Oki Pulp &Paper

Indah Kiat bukan satu-satunya bagian dari Grup Sinarmas yang berkecimpung dalam bisnis kertas. Ada pula PT Oki Pulp & Paper Mills.

Jika Indah Kiat melakukan diversifikasi produk, Oki Pulp & Paper tengah mempersiapkan operasional pabrik baru di Ogan Komering, Sumatera Selatan. Perusahaan itu bermaksud melakukan uji produksi perdana pada Juni 2016 mendatang.

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi dua juta ton bubur kertas dan 500.000 ton kertas tisu per tahun. Grup Sinarmas merogoh kocek Rp 40 triliun untuk menghadirkan pabrik itu.

Suhendra yang juga menjabat sebagai Direktur PT Oki Pulp & Paper Mills bilang, pada tahap awal nanti volume produksi tak akan maksimal. Mereka akan meningkatkan volume produksi secara bertahap. "Besaran penambahan produksinya tidak bisa kami disclosed, nanti muncul polemik lagi," alasan Suhendra.

Kelak saat pabrik Ogan Komering berjalan, Oki Pulp & Paper memastikan sudah bisa mengantongi pendapatan pada tahun ini. Hanya lagi-lagi, perusahaan itu konsisten tak mau membeberkan target