Jakarta, CNN Indonesia -- Anak usaha Grup Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) berhasil menembus pasar ekspor kertas dan produk kertas sampai ke Amerika Serikat melalui kerja sama yang dibuatnya dengan Charta Global.

Atas bantuan Charta Global yang terus meningkatkan volume ekspor produk Indonesia ke negara Barrack Obama, Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Amerika memberikan penghargaan khusus kepada perusahaan yang dipimpin oleh pengusaha Rizal Setijadi tersebut.

Arief Wibisono, Direktur Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Los Angeles menjelaskan penghargaan ini diberikan dalam acara tahunan Buyers Appreciation di Los Angeles, California.

Tidak hanya itu, Charta Global juga dinominasikan menerima penghargaan Primaduta Award. Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang sukses meningkatkan perdagangan bilateral dan melakukan ekspansi bisnis di Indonesia maupun Amerika. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan menyerahkan penghargaan ini pada pembukaan Pameran Perdagangan Nasional Indonesia di Jakarta pada 12 Oktober 2016 mendatang.

“Tahun demi tahun, kita melihat peningkatan perdagangan antara Indonesia dan Amerika. Kita tidak hanya membuka akses bagi konsumen Amerika untuk mendapatkan berbagai produk inovatif dan eksklusif, namun juga membantu membuka lapangan kerja bagi kedua negara” ujar Arief dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (16/6).
Sementara bos Charta Global Rizal Setijadi mengaku optimis, kontribusi perusahaannya dalam meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Amerika akan berbuah penghargaan dari pemerintah Indonesia.

“Charta Global, bermarkas di Anaheim, California. Kami mendistribusikan berbagai jenis kertas berlapis dan tanpa lapisan untuk keperluan komersial dan cetak digital bagi pembeli di Amerika,” kata Rizal.

Produk lain yang juga diimpor masuk ke Amerika oleh Charta Global dari pabrik APP adalah kertas tanpa karbon, kertas panas, NCR, papan seni, alat tulis menulis, dan produk kebutuhan kantor.

“Kami memegang hak dagang eksklusif dan distribusi ke seluruh pasar Amerika, Meksiko, Amerika Selatan dan Tengah membuat rantai pasokan kelas dunia bagi APP,” jelasnya.