Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin menyampaikan Pekerjaan Rumah (PR) industri yang perlu diemban oleh Menteri Perindustrian yang baru dilantik Airlangga Hartarto.

"Dari ekonomi global saat ini masih belum begitu baik. Ini akan mempengaruhi ekonomi di dalam negeri dan pertumbuhannya. Ini perlu kerja keras Pak Menteri dan para Dirjen," kata Saleh Husin saat Serah Terima Jabatan di Jakarta, Rabu.

Saleh juga menyampaikan, Airlangga perlu mengatasi harga energi untuk industri dalam negeri agar lebih kompetitif.

"Hal ini berkaitan untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri. Ketersediaan energi dengan harga yang kompetitif berpotensi mendongkrak daya saing," ujar Saleh.

Selanjutnya adalah masalah pembiayaan, di mana bunga bank di Indonesia termasuk yang masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah menarik investasi dari dalam maupun luar negeri, dengan berbagai insentif fiskal yang disediakan.

Untuk itu, lanjut Saleh, Airlangga perlu berkoordinasi dengan kementerian lainnya, sehingga investasi yang berminat masuk dapat difasilitasi dengan insentif yang sesuai.

"Saya yakin Airlangga bisa mengemban tugasnya di Kemenperin," ungkap Saleh.

Editor: Ruslan